Sabtu, 04 Februari 2017

Kesalahan Fatal Saat di Ruangan Ber-AC, Sering Kamu Lakukan Setiap Hari

x

x (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Sekarang ini, sudah banyak rumah
atau ruangan yang menggunakan AC sebagai pendingin. Kebanyakan orang, tidak suka dengan cuaca panas yang membuat gerah dan mereka akan lebih nyaman saat berada di ruangan ber-AC. Meskipun demikian, terdapat kesalahan yang harus dihindari.




Tidak jarang kita lihat banyak ruangan memiliki AC sebagai pendingin. Hampir di setiap gedung sekolah, hotel atau rumah mempunyai AC canggih. Jadi tidak hanya digunakan untuk mendinginkan ruangan tapi juga bisa menghangatkan tubuh, mengingat bahwa Indonesia memiliki cuaca hujan dan kemarau. Oleh karena itu, keberadaan AC akan membantu kita mendapatkan suhu ruangan yang sesuai.

Saat berada di ruang ber-AC banyak orang yang tidak mengkonsumsi air putih karena belum merasa haus. Padahal kebiasaan inilah yang menjadi kesalahan saat di ruang ber-AC karena dapat menyebabkan dehidrasi. Ketika berada di sekolah atau kampus, banyak orang yang tidak membawa bekal atau membawa minum air putih. Mereka mengira bahwa saat berada di ruangan ber-AC maka keringat tidak mungkin muncul sehingga cairan tubuh akan tetap terjaga. Tapi ini adalah pemikiran yang salah besar.

Dr. dr. Fiastuti Witjaksono SpGK, seorang dokter spesialis Gizi menyatakan bahwa ketika beraktivitas dimana pun, tubuh akan banyak mengeluarkan cairan sebanyak 1.000 sampai 3.000 cc. Semakin berat atau banyak aktivitas kita maka semakin banyak pula asupan cairan yang harus dipenuhi. Selain faktor aktivitasnya, kelembaban atau cuaca di lingkungan sekitar juga dapat berpengaruh pada kebutuhan cairan ini.

Diketahui jika ruangan ber-AC memiliki kelembaban udara yang rendah sehingga akan terjadi penguapan air melalui kulit. Secara tidak sadar, cairan di dalam tubuh kita akan mengalami penguapan sehingga banyak cairan yang hilang. Banyak orang yang tidak sadar akan kekurangan cairan ini maka jangan lupa minum saat berada di ruang ber-AC. Hal ini juga diungkapkan olehnya ketika ditemui di kawasan Mega Kuningan.

Selain itu, akan terjadi pengeluaran cairan melalui saluran kemih, saluran napas, dan kulit. Jadi tidak heran jika ketika berada di dalam ruangan ber-AC maka lama-kelaman kita akan merasakan ingin buang air kecil, bahkan hingga berkali-kali. Oleh karena itu, jangan menunggu haus untuk minum. Banyak-banyaklah minum air putih saat di ruangan ber-AC agar tidak mengalami dehidrasi. Saat di ruang ber-AC lakukan ini untuk menjaga kesehatan.

Apabila tubuh kekurangan cairan maka dapat mengganggu fungsi organ yang lain dan bisa menimbulkan dehidrasi seperti yang telah dijelaskan. Banyak orang yang menganggap remeh penyakit dehidrasi. Padahal, resiko terburuk dehidrasi adalah bisa menimbulkan kematian. Hal ini menujukkan betapa pentingnya memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu bahwa tubuh memerlukan cairan sebanyak 8 gelas per hari. Untuk itu, meskipun Anda berada di ruangan ber-AC, penuhilah kebutuhan cairan sebaik mungkin. Banyak manfaat yang akan kita rasakan jika tubuh memenuhi kebutuhan cairan, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Berada di tempat ber-AC terlalu lama dapat membuat kulit menjadi kering. Jika hal ini terus dibiarkan maka dapat membuat kering kulit sepanjang hari. Oleh karena itu, dengan banyak minum air putih dapat membantu kulit lebih lembab dan kenyal sehingga lebih sehat. Ingat, jangan sampai melakukan kesalahan fatal ini.

x (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kesalahan Fatal Saat di Ruangan Ber-AC, Sering Kamu Lakukan Setiap Hari

0 komentar:

Poskan Komentar