Minggu, 23 April 2017

INILAH Alasan Mengapa kita dianjurkan berdzikir menggunakan ruas jari tangan - Tolong Sebarkan!!!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Dzikir merupakan salah satu ibadah utama dalam ajaran
Islam. Umumnya, umat muslim berdzikir dengan menggunakan ruas jari tangan.











Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Disebutkan dalam hadits Abu Dawud dan At-Tirmidzi, Rasulullah SAW pernah memberitahukan kepada seorang sahabat yang ikut hijrah ke Madinah agar menghitung dzikir dengan menggunakan ruas jari tangan.
Lalu apa alasan di balik anjuran Rasul ini? Anna an-nabiyya amara hunna an-yura�iina bi at-takbiiri wa at-taqdiisi wa at-tahliili, wa an-ya�qidna bil anaamili, fa innahunna mas-uulaatun mustanthiqaatun.

"Nabi memerintahkan kaum wanita agar selalu membiasakan amalan dengan membaca takbir, taqdis, dan tahlil. Semua itu agar dihitung dengan ruas jari-jari tangannya. Karena di hari kiamat kelak, ruas-ruas jari tangan tersebut akan dimintai keterangan dan dituntut untuk berbicara."

Hadits itu diperkuat pula oleh riwayat lainnya dari At-Tarmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i secara sahih dari Abdullah bin Umar.

Abdullah bin Umar berkata, "aku telah melihat Rasulullah SAW menghitung-hitung bacaan tasbihnya. (Rasulullah menghitung bacaan dzikir) dengan jari tangan kanannya".

Jadi, dzikir menggunakan ruas jari tangan dianjurkan karena kelak jari-jemari itulah yang akan bersaksi di hadapan Allah SWT saat hari kiamat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : INILAH Alasan Mengapa kita dianjurkan berdzikir menggunakan ruas jari tangan - Tolong Sebarkan!!!

0 komentar:

Posting Komentar