Sabtu, 04 Februari 2017

Amalkan Ini Sebelum Tidur , Roh Anda Terbang Menuju ‘Arsy

x

x (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Tidur adalah sebuah kematian kecil
sehingga sebagai seorang muslim harus dianggap sebagai pengingat atau tadzkirah untuk membuat hidup menjadi lebih baik lagi sepanjang harinya. Sebagai seorang muslim hendaknya Anda menyiapkan tempat tidur sehingga berada dalam kondisi terbaik, nyaman dan bersih. Saat berbaring pun Anda harus menghadap ke kiblat serta memiringkan badan ke kanan dengan kepala berada di arah utara. Posisi ini sama dengan posisi mayat saat dibaringkan di liang kuburan.




Bagi diri sendiri Anda harus bersiwak yaitu menggosok gigi sehingga menjadi kunci dari nurani serta pikiran yang cemerlang sebelum tidur. Selanjutnya jangan lupa untuk melakukan wudhu seperti yang biasa dilakukan sebelum shalat sehingga Anda akan tidur dalam keadaan suci dan bersih. Dengan demikian jika seandainya menemui kematian pada saat tidur tersebut maka kita dapat menghadap kepada Allah dalam kondisi yang suci dan bersih.

Melalui Bidayatul Hidayah bab adab tidur Imam al-Ghazali menuliskan agar Anda harus membaca surat Al-Baqarah yaitu ayatnya 255, 285, serta 286 sebelum tidur. Ketiga ayat tersebut yaitu ayat kursi serta 2 ayat terakhir dari surat Al-Baqarah mempunyai keutamaan untuk menjaga diri sendiri dari godaan yang berasal dari setan, jin ataupun manusia sebagai bacaan sebelum tidur yang membuat setan tidak berani datang. Dengan beristiqamah serta mengamalkan ayat-ayat tersebut dapat menjamin kelancaran serta keberkahan bagi rezeki Anda dan juga kehidupan pada umumnya.

Selanjutnya Imam al-Ghazali juga mengatakan agar kita membaca al-Mulk, al-Falaq, al-Ikhlash, serta an-Naas. Hal ini karena al-Ikhlash adalah sepertiga dari al-Qur’an, kemudian an-Naas serta al-Falaq adalah al-Muawwidzatain sehingga gabungan dari membaca ketiganya sebelum tidur dapat menjadi penjagaan paling utama serta menjadi bukti dari ketauhidan para hamba.

Imam al-Ghazali juga mengatakan bahwa menjelang tidur sebaiknya kita terus membaca dzikir malam sebelum tidur untuk Allah serta harus terus bertahan dalam keadaan suci dengan menjaga wudhu. Dan jika Anda dapat melakukan semua amalan tersebut dalam istiqamah selama malam hari maka menurut manfaat dzikir sebelum tidur ia akan terbang menuju ke ‘Arsy. Anda akan tercatat sebagai seseorang yang memperoleh rahmat sampai akhirnya bangun dari tidur.

Disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa dalam keadaan tidur Allah akan menahan ruh dari seorang hamba-Nya. Kemudian jika Allah menghendaki bahwa hamba tersebut akan kembali hidup maka Allah akan mengembalikan ruh dari hamba tersebut sehingga orang itu akan bangun kembali. Namun jika Allah menghendaki bahwa hamba akan ditahan ruhnya dan tidak dikembalikan lagi, maka orang tersebut akan mati dalam tidurnya.

Karena itulah penting bagi seorang muslim untuk menghadap Allah dalam keadaan suci dengan melakukan beberapa ritual sebelum tidur menurut Islam tersebut. Dengan demikian jika seandainya Allah memutuskan untuk menahan ruh kita maka kita sudah bersama dengan Allah dalam keadaan suci.

Amalkan ini sebelum tidur, roh anda terbang menuju ‘Arsy seperti yang diajarkan oleh Imam al-Ghazali. Anda juga akan memperoleh banyak sekali manfaat setelah Anda bangun dipagi harinya. Tentunya semua amalan tersebut harus dilakukan setiap hari sebelum tidur. Mulai dari amalan fisik dan kondisi tempat tidur serta amalan dengan cara berdzikir dan membaca Al’Qur’an sebelum akhirnya kita tidur dalam keadaan suci di hadapan Allah.

x (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Amalkan Ini Sebelum Tidur , Roh Anda Terbang Menuju ‘Arsy

0 komentar:

Poskan Komentar