Kamis, 13 April 2017

10 Jalan Pengampunan Dosa Bagi Manusia

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Setiap manusia tidak akan pernah luput dari kesalahan dan dosa
, baik pada Allah, pada orang lain, maupun pada diri kita sendiri. Setiap dosa dan kesalahan itu akan terus menumpuk jika kita tidak segera memohon ampun pada-Nya. Oleh karena itu, kita dapat melakukan 10 cara ini untuk mendapat ampunan-Nya.








Inilah 10 jalan pengampunan dosa bagi manusia, diantaranya :

1. Siksa kubur
Saat memasuki alam kubur, tidak semua orang mendapatkan azab yang sama. Azab yang diberikan akan sesuai dengan kesalahan atau dosa yang pernah kita lakukan. Azab di alam kubur dapat menjadi penebus atau pengurang dosa-dosa ringan selama ini.

2. Taubat
Disebutkan dalam beberapa ayat dan hadits bahwa taubat berfungsi sebagai pengecualian ancaman azab yang akan diterima oleh pelakunya. Namun, taubat yang dimaksud disini adalah taubat nasuha, yaitu taubat yang dilakukan dengan hati ikhlas dan benar-benar ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Taubat nasuha ini menjadi penyesalan yang mendalam dan menjadi titik balik seseorang agar tidak mengulangi kesalahannya yang sama. Kita bisa melaksanakan sholat pengampunan dosa.

3. Istighfar
Rasulullah pernah bersabda bahwa apabila kita memiliki dosa maka beristighfar atau memohon ampun pada Allah maka Dia akan mengampuni hamba-Nya. Dalam sebuah surat dijelaskan jika Allah tidak akan memberikan azab bagi mereka yang meminta ampun atau beristighfar.

4. Beramal baik
Allah dapat melipat gandakan amalan baik yang kita lakukan. Oleh karena itu, melakukan amalan baik dapat menjadi salah satu cara memohon ampunan, terlebih untuk dosa-dosa kecil. Setelah melakukan taubat atau memohon ampun pada Allah, hendaknya kita melakukan amalan baik sebagai pengganti kesalahan atau dosa yang pernah kita lakukan.

5. Musibah di dunia
Musibah bisa mendatangi siapa saja, kapan saja, dan dengan kondisi seperti apapun. Apabila kita menerima musibah itu dengan ikhlas tanpa mengeluh maka Allah akan menggugurkan dosa-dosa kita. Kesabaran kitalah yang akan membuat musibah sekecil apapun dapat menghilangkan kesalahan, seperti jari yang tertusuk diri, terpeleset hingga musibah yang cukup berat.

6. Doa memohon ampun
Doa dapat dikatakan sebagai intisari ibadah. Doa merupakan senjata bagi orang beriman. Sebuah ayat menjelaskan bahwa orang-orang sesudah kaum Muhajirin dan Ansar berdoa pada Allah agar dosa-dosa saudara-saudara mereka telah beriman sebelumnya akan diampuni.

7. Penyelesaian semua hal dan kezaliman di akhirat setelah menyeberangi jembatan di atas neraka (shirot)
Apabila kita sudah terlepas dari segala hak dan tanggung jawab selama di dunia, serta telah hilang kezaliman yang kita lakukan, maka kita akan bersih dari dosa-dosa dan barulah Allah mengijinkan kita masuk ke dalam surga-Nya.

8. Amalan dari orang lain
Terdapat tiga perkara yang dapat memberikan kita pahala meskipun kita telah tiada, yakni doa dari anak yang sholeh atau sholehah, adanya amal jariyah, dan ilmu yang bermanfaat. Ketiganya dapat memberikan kita pahala dan menggugurkan dosa-dosa kita selama hidup.

9. Syafaat
Syafaat ini dapat membebaskan dan meringankan kita dari siksaan di akhirat kelak. Orang yang diperbolehkan memberikan syafaat adalah Nabi Muhammad SAW dan kaum muslimin yang telah diizinkan oleh Allah untuk memberikan syafaat.

10. Selain syafaat
Disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang dikehendaki, kecuali mereka yang syirik. Oleh karena itu, siapa saja bisa mendapatkan ampunan dari Allah sesuai dengan kehendak-Nya.

Demikian 10 jalan pengampunan dosa bagi manusia jika ingin selamat dari siksaan neraka kelak.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Jalan Pengampunan Dosa Bagi Manusia

0 komentar:

Poskan Komentar