Kamis, 13 April 2017

Manusia Akan Ditanya 10 Perkara Ini Pada Saat di Hisab

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Setiap manusia terutama yang memeluk agama Muslim tentu
tidak akan luput dari saat hisab (momen perhitungan amal). Ternyata, manusia akan di tanya 10 perkara ini pada saat di hisab. Penasaran? Simak ulasannya secara ringkas namun juga lengkap melalui artikel di bawah ini. Semoga setelah mengetahui hal tersebut, kita sebagai manusia akan semakin gencar berantisipasi untuk menjadi penghuni surga sesungguhnya. Ingat, tetap lakukanlah segala jenis amal dengan hati tulus.








1. Mengenai shalat dan zakat orang tersebut
Pada saat di hisab (perhitungan amal), manusia akan di tanya 10 perkara ini, salah satunya adalah mengenai shalat dan zakat seseorang itu. Shalat ataupun zakat adalah kewajiban umat Muslim yang terutama, melewatkannya akan menjauhkan seseorang dari Allah SWT. Oleh karena itu apabila saat hisab seseorang terbukti shalat tepat waktu maupun sering berzakat semasa hidup, jalannya ke surga akan jauh lebih mudah karena ia memang selalu hidup dekat dengan surga.

2. Mengenai hawa nafsu orang tersebut
Hawa nafsu bersifat duniawi dalam bentuk apapun itu dan apapun objeknya (uang, jabatan, cinta, dan lain-lain). Allah selalu mengajarkan kita untuk hidup jauh dari hawa nafsu duniawi. Oleh karena itu, di hisab nanti bila seseorang terbukti hidup dengan hawa nafsu akan suatu hal, jalan seseorang tersebut ke surga akan makin dipersulit.

3. Mengenai berbakti kepada kedua orang tuanya
Perkara lain yang akan ditanya ini pada saat dihisab adalah dalam hal berbakti kepada kedua orang tua. Kita pasti sudah tahu bahwa surga terletak di telapak kaki ibu, selain itu oarng tua kita juga merupakan wakil Allah di dunia. Berbakti kepada orang tua akan menyenangkan Allah, oleh karena itu orang yang rajin dalam perkara ini akan makin dekat dengan pintu surga.

4. Mengenai merawat istri dan keluarganya
Hal ini penting diperhatikan bagi kaum pria yang menjadi suami. Istri maupun keluarga seorang lelaki adalah titipan Allah. Merawat keluarga dan istri dengan baik juga akan menyenangkan Allah sehingga apabila terbukti di hisab nanti seseorang merawat istri dan keluarganya dengan baik, jalan ke surga akan makin terbuka.

5. Mengenai amal kebajikan yang telah dilakukan
Amalan pertama kali yang akan dihisap seorang hamba lainnya adalah mengenai amal kebajikan. Manusia harus hidup dengan rasa cinta kasih satu sama lainnya serta yang berlebih perlu membantu yang berkekurangan. Oleh karena itu, amal kebajikan ini akan menyenangkan Allah SWT dan mendekatkan kita pada-Nya.

6. Mengenai tingkah laku terhadap saudara dan tetangga orang tersebut
Sama seperti keluarga, saudara maupun tetangga kita juga titipan dari Allah yang mana kita harus selalu hidup damai dengan mereka. Sikap berusaha hidup rukun ini sangat disenangi oleh Allah Yang Maha Penyayang.

7. Mengenai tali silaturahim
Tali silaturahim ada untuk dipupuk, bukan diputuskan. Ingatlah untuk selalu melakukan sesuatu yang kelak memperkuat tali silaturahim. Niscaya jalan ke surga setelah momen hisab di akhirat nanti akan terbuka lebar.

8. Mengenai sifat dengki dan ghibah
Sifat dengki, iri hati, maupun ghibah menunjukkan bahwa seseorang tidak bersyukur atas apa yang telah diberi Allah SWT padanya. Sifat-sifat ini juga akan menjauhkan seseorang dari Allah.

9. Mengenai amar ma’ruf nahi munkar
Amar ma’ruf nahi munkar berarti mengajak sesama untuk selalu berbuat baik. Orang-orang yang melakukan perkara ini (yang juga wajib hukumnya) akan membuat Allah bahagia dan semakin dekat dengan-Nya.

10. Mengenai prasangka buruk, sumpah palsu, maupun adu domba
Ingatlah, Allah SWT tak pernah menyenangi perbuatan adu domba, sumpah palsu, maupun prasangka buruk yang hanya akan menimbulkan perpecahan. Jika seseorang terbukti secara sengaja pernah melakukan 3 hal ini semasa hidup, jalan ke neraka akan makin terbuka lebar baginya.

Oleh karena itu, lakukanlah segala perkara yang harus dilakukan dan hindari yang dilarang. Semoga artikel mengenai manusia akan di tanya 10 perkara ini saat di hisab bisa berguna bagi Anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manusia Akan Ditanya 10 Perkara Ini Pada Saat di Hisab

0 komentar:

Poskan Komentar